Minggu, 02 Januari 2011

Catatan Perjalanan Haji 2010 / 1431 H


Alhamdulillah, puji syukur kepadamu ya Allah atas perkenanmu menerima kami-hambamu datang dan bersujud di Baitullah, semoga kau jadikan kami haji yang mabrur.
amin.

Melalui blog sederhana ini, saya hanya ingin berbagi cerita dan pengalaman selama ibadah haji tahun 2010 / 1431 H. Meskipun para Calon Jamaah Haji telah mendapatkan bimbingan ibadah haji baik melalui KBIH, Keementrian Agama (depag) setempat, melalui buku / kaset video, atau bahkan privat. Saya berharap cerita dan pengalaman saya akan menjadikan tips yang Insya Allah berguna bagi anda khususnya para Calon Jamaah Haji.

Saya tidak akan bercerita mengenai kejadian aneh atau pengalaman spiritual yang biasanya selalu menyertai kepulangan jamaah haji dari tanah suci, namun lebih terfokus pada alur / step yang harus kita lewati selama beribadah dan informasi2 apa dan bagaimana yang harus kita lakukan saat ibadah nanti - yang menurut saya cerita seperti ini Insya Allah sangat bermanfaat dan akan melengkapi apa yang kita peroleh dari KBIH.

Saya bersama istri tergabung dalam Kloter 16 SUB dan termasuk Gelombang I sehingga berkesempatan untuk berangkat lebih awal. Gelombang I adalah manakala Jamaah menuju Madinah dahulu untuk menjalani ibadah arbain kemudian baru menuju Mekah. Sebaliknya Gelombang II adalah manakala jamaah menuju Mekah terlebih dahulu kemudian baru ke Madinah.

Mana yang lebih enak? Sebagai hamba Allah dan umat Nabi Muhammad saw, apalagi sebagai Calon Jamaah Haji, hendaknya kita tidak berpikir pada hal2 seperti itu. Semua yang akan kita jalani adalah sudah menjadi ketetapan Allah SWT.

Kelebihan dan kekurangan (kalau boleh saya rinci) :
Gelombang  I :
- Berangkat awal dan pulang awal.
- Karena menuju Madinah sehingga saat berangkat tidak berpakaian ihrom.
- Saat datang relatif jamaah belum banyak.
- Kondisi segar namun belum ibadah puncak shg kita harus menjaga kondisi tsb.
Gelombang II :
- Berangkat akhir sementara yang lain sudah beribadah.
- Berangkat menuju Mekah sehingga mandi dan berpaikaian ihrom mulai asrama haji
- Situasi relatif sepi setelah ibadah puncak
- Kondisi segar pas ibadah puncak, tp setelah itu timbul rasa malas krn yg lain sudah pulang.

Tips :
- Belajar dan berusaha selalu berpikir positif.
- Belajar berpikir dan bersikap bahwa segalanya adalah kuasa Allah.
- Tentunya, jagalah kondisi anda mulai saat ini.

Nah.........secara bertahap saya akan berbagi pengalaman pada tulisan saya berikutnya misalnya pada : persiapan, manasik, di asrama haji, di pesawat, di madinah, di mekah, umroh, di arafah dan seterusnya.
Wassalamu'alaikum.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar