Kamis, 02 Juni 2011

Manasik Haji


Bimbingan Manasik Haji diberikan sebanyak 12 X pertemuan, 10 X teori dan 2 kali praktek.
Manasik diberikan di hari minggu mulai jam 07.00 pagi sampai jam 13.00. Yang membuat kami semakin mantap, adalah sebelum dimulai manasik kami melakukan istigotsah terlebih dahulu. Disela-sela jadwal manasik, disisipi ceramah ala ESQ. Sungguh....ini adalah terapi bagi hati kami.

Ada beberapa catatan saya untuk KBIH pada umumnya terutama KBIH yang mempunyai jamaah dalam jumlah besar :
  1. Manifes jamaah harus tersusun sejak awal. Hal ini akan sangat membantu untuk lebih mengenal antar jamaah dalam satu regu dan rombongan sejak awal, dan secara alamiah mereka akan menunjuk siapa yang menonjol dan pantas / mampu untuk menjadi ketua regu.
  2. Setiap regu dan  rombongan sebaiknya mengadakan pertemuan rutin , utk mempererat persaudaraan dan melatih kebersamaan.
  3. Ketua rombongan dan ketua regu harus memastikan ibadah berjalan secara bersama-sama, (krn ibadah tidak hanya secara perorangan melainkan membantu orang juga merupakan bagian dari ibadah) terkecuali berhalangan. Hal ini akan menjadikan rasa aman terutama bagi jamaah wanita dan lansia.
  4. Manasik yang diselenggarakan menurut saya kurang efektif. Dengan jumlah jamaah ratusan dari berbagai latar belakang maka jadwal manasik seharusnya memberi porsi tambahan untuk praktek.
  5. Manasik harus mampu menciptakan "rumah baru & keluarga baru" yaitu Rombongan 45 orang dan Regu 11 orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar